Kenang Resolusi Jihad, Ansor Gayam Ngaji Kesantrian

Kenang Resolusi Jihad, Ansor Gayam Ngaji Kesantrian
Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020

SUMENEP - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan        Pemuda Ansor Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Melaksanakan diskusi kesantrian bertempat di Cafee Youle. Rabu, (21/10/2020) 

Acara tersebut mendatangkan Narasumeber Ust Zainur Rahman,  ia merupakan  salah satu narasumber lokal Kepulauan Sapudi yang aktif dalam mengisi kajian-kajian kitab.

Turut hadir juga dalam acara tersebut  adalah Anggota PR Ansor Se Kecamatan Gayam, Anggota PAC Ansor Gayam, Fatayat NU,  Muslimat NU, MWC NU Gayam, Danramil Gayam,  dan Anggota P3S. 

Ketua Ansor Gayam, Misyanto menyampaikan bahwa acara tersebut sebagai refleksi dalam menyambut Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020. Ia mangaku dengan adanya refleksi yang dikemas dengan diskusi kesantrian akan lebih mudah memahami esesnsi santri yang sesungguhnya. 

"Tentunya ini penting sekali untuk meningkatkan ghirah semangat kader Ansor yang notabene di dalamnya terdiri dari berbagai macam elemen baik santri dan non santri, "ujarnya.

Selanjutnya, ia juga mengimbuhkan bahwa adanya diskusi kesantrian tersebut untuk memahami makna dari perjuangan santri. Menurutnya  banyak santri yang hari ini mulai enggan untuk bergabung dalam ranah perjuangan dan pengabdian.

"Padahal terus terangan, perjuangan santri itu tercatat dalam sejarah kemerdekaan, namun saat ini justru peran santri dipertanyakan, " Ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Ust Zainur Rahman, menjelaskan bahwa hakikat diri seorang santri bukan hanya dari pondok pesantren saja, ia mengaku bahwa mereka yang berlajar agama atau mengaji di mushollah  (langgar) juga hakikatnya sebagai santri. 

"Dia yang belajar ilmu agama disuatau tempat dan memiliki ahlak yang baik juga bagian dari santri, " Jelasnya pada saat menyajikan diskusi. 

Tidak hanya itu, ia juga mengimbuhkan bahwa  santri juga dalam arti kata luas dapat diartikan  sebagai simpatisan ulama'. 

"seperti Ansor, Banser dan mereka yang mengbdi di NU Juga bagian dari santri yang sebenarnya, " Tandsnya.  (QQ) 

Ansor gayam Sapudi Pemuda HSN
Hasan

Hasan

Sepasang Remaja Terciduk Lakukan Tindak Asusila Di Area Parkir Balai Desa Previous Article

Sepasang Remaja Terciduk Lakukan Tindak Asusila Di...

Mungkinkah Desa Pancor Krisis Kader Pemimpin? Next Article

Mungkinkah Desa Pancor Krisis Kader Pemimpin?

Related Posts