Rapat Polemik Pasar Sapi di Gayam Berlanjut, Ini Hasilnya

Rapat Polemik Pasar Sapi di Gayam Berlanjut, Ini Hasilnya
Rapat Koordinasi Pemindahan Pasar Sapi Desa Pancor (Informasi Foto : Kiki)

SUMENEP -  Polemik  tarik ulur  Pasar Hewan (Sapi) Desa Pancor Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep Madura,  kini berlanjut  pada proses pemindahan dan penetapan lokasi. 

Hal itu  dikelarkan pada saat Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Kecamatan Gayam, bersama dengan  para pedagang Sapi Se - Pulau Sapudi, Kepala Desa Se-Kecamatan Gayam dan sejumlah tokoh Masyarakat, Senin (02/08/2021).

Diawal penyampaian aspirasi, Ach Junaidi, Tokoh Masyarakat Desa Pancor mengatakan, sebelum rapat pemindahan Pasar dilanjutkan,  dirinya meminta agar Pihak Forpimka  membuka perundang - undangan yang berlaku. Sebab kata dia,  Penentuan pasar tersebut memiliki ketentuan hukum yang tetap dan diatur dengan perundang - undangan. 

"Coba status pasar sapi yang ini di cek, apakah ini tanah milik negara atau Tanah Aset Desa, yang  saya tau sesuai leter C,  tanah ini adalah Tanah Negara, dan pasar ini tidak memiliki kekuatan hukum yang tetap, " ujarnya dalam forum. 

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, jika Pemdes akan mengadakan pasar hewan (Sapi), ia meminta agar mengupayakan  untuk memiliki legalitas hukum yang berlaku, termasuk juga retribusi  yang masuk pada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD). 

"Semuanya harus dipertimbangkan, apakah retribusinya juga masuk pada BPKAD, soalnya setahu saya, selama ini pasar hewan Desa Pancor retribusinya tidak masuk ke BPKAD, " imbuh mantan Kades Pancor 2 Periode Tahun 90-an itu. 

Terpisah, Camat Gayam, Raden Mohammad  Mansur, tidak menanggapi pernyataan yang disampaikan oleh Mantan Kades Pancor itu. 

Bahkan, ia hanya memaparkan tentang kondisi Pasar Hewan di Desa Pancor. Dirinya menjelaskan  ada banyak dampak yang akan dirasakan jika lalu lalang Pasar Sapi Desa Pancor  tetap dilanjutkan di sentral kota Gayam. 

Sebab Kata dia, kondisi Kecamatan Gayam saat ini sudah berbeda dengan dulu,  area sentral Jalan Kecamatan yang dinilai dekat dengan Pasar Hewan itu, saat ini sudah banyak  bangunan perkantoran,  seperti Kantor Kecamatan, Kantor UPT Pendidikan,  Kantor KB, Kantor Puskesmas Gayam, Masjid Jami' dan Kantor Bank BRI. 

"Makanya saya menginginkan Pasar Sapi di sentral kota Gayam ini dipindah, agar akses jalan tidak macet  dan  tidak kotor, " ujarnya. 

Tidak hanya itu,  Camat Mansur juga mengatakan, meski pasar tersebut dibuka satu minggu satu kali, ia mengaku sering memarahi para petugas  karena lokasi tersebut dinilai tidak kondusif dan membuat macet lalu lintas. 

"Disitu parkir mobil memakan bahu jalan, limbah kotoran sapi berserakan di jalan, pokoknya  tidak pernah kondusif dan tidak ada yang bertanggung jawab, " tegasnya pada saat sambutan.

Selanjutnya, ia meminta agar pasar sapi di Kecamatan Gayam dipindahkan pada lokasi yang memiliki akses cukup luas.

"Kami  undang tokoh masyarakat,  dan para pedagang Sapi agar mereka menentukan sendiri lokasinya dimana, yang penting aksesnya enak, " Imbuh pak Camat. 

Ia juga menyebutkan bahwa  ada dua desa yang dinilai cocok menjadi objek lokasi yaitu Desa Pancor (Pasar Kaladi)  dan Desa Gayam (Lapangan Sepandi). 

Dari hasil pantauan media, pelaksanaan rapat terjadi semakin alot,  peserta rapat tidak bisa mengambil keputusan secara mufakat. Sehingga, proses dilanjutkan pada tahap voting. 

Setelah kesempatan voting dilakukan,  Desa Pancor mendapat suara terbanyak (12) Suara,  dan Desa  Gayam sebanyak (11) Suara, dari  jumlah total 23 Suara.

Akhirnya dari hasil tersebut,  Camat Gayam mengetok palu dan menetapkan lokasi  Pasar Hewan  di Pasar Kaladi Dusun Kaladi Desa Pancor  setiap hari Rabu. (qq) 

Gayam Polemik Pasar Sapi Sapudi Sumenep
Hasan Al Hakiki

Hasan Al Hakiki

Previous Article

Polres Sumenep Distribusikan Bansos dan...

Next Article

Pemdes Gayam Gelar Musdes Pengangkatan dan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 391

Postingan Tahun ini: 986

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 275

Postingan Tahun ini: 2169

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 273

Postingan Tahun ini: 2191

Registered: Sep 22, 2020

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 230

Postingan Tahun ini: 454

Registered: Jun 16, 2021

Profle

Joni Hermanto

Takut Muatan Terbalik. Supir Truk Tambal Lubang Jalan Dengan Uang Pribadi
18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Ini Dia Inseminator Terbaik di Tolo Bakal Mewakili Jeneponto ke Jakarta
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021

Follow Us

Recommended Posts

Tecnical Meeting Lomba Lukis Kodim Tipe A 0831/Surabaya Timur
Koramil 0824/08 Mayang Bersama Aparat Terkait Lakukan Patroli Pengawasan Prokes, Cegah Sebaran Covid 19
Korem 084/BJ Gelar Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama Sebagai Ajang Tali Silahturahmi
Koramil 0824/19 Umbulsari Dukung Vaksinasi Terhadap ODGJ
Edi Leksmana Ketua RSDP Kediri Datangi Polres Kediri Kota Tanya Perkembangan Kasus Dugaan Pemalsuan Surat